PROGRAM SD

Sekolah Islam ( Muslim ) di Bali
Taqwa - Cerdas - Terampil - Santun

SELAMAT DATANG DI SD HARAPAN MULIA

 

Selamat datang di website Sekolah Dasar Harapan Mulia Denpasar-Bali. Pada tahun pelajaran 2017/2018 yang akan datang, SD Harapan Mulia Denpasar memasuki tahun ke 12 atau umur 12 tahun. Sekolah kami merupakan  sebuah sekolah swasta yang terletak di tengah kota Denpasar yang mudah dijangkau dari berbagai arah. Ijin operasional SD Harapan Mulia : 421.201/101/DIKBUD diterbitkan pada tanggal 04 September 2006, NIS : 103580, NSS : 102220903071, NPSN : 50103325, AKREDITASI: A+ Read more

PROFIL SD HARAPAN MULIA

 

 

Identitas Sekolah

  • Nama Sekolah : SD Harapan Mulia
  • Ijin Operasional : 421.201/101/DIKBUD/ Tanggal 4 September 2006
  • NIS : 103580
  • NSS : 102220903071
  • NPSN : 50103325
  • AKREDITASI : A (Amat Baik)
  • Alamat : Jalan Pura Demak No. 19, Denpasar - Bali
  • Telepon : 0361 - 7836005
  • E-Mail : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
  • Website : www.harapanmulia.sch.id

 

Landasan Hukum

  1. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan  (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 41, Tambahan  Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4496).
  2. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tetang Sistem Pendidikan Nasional (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78, Tambahan  Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4301).
  3. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tetang Standar Isi  Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
  4. Peraturan Menteri Pendidkan Nasional Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar  Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
  5. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2006 tentang Pelaksanaan.
  6. Perda Nomor 3 Tahun 1992 tetang Muatan Lokal Bahasa Bali.

 

Sejarah

 

        Pemilik tunggal  Yayasan Pendidikan Harapan Mulia Denpasar  adalah H. Husaini Ismail, SE.  Salah satu pengusaha sukses Bali yang bergerak di bidang pariwisata, beliau merasa terpanggil menjadi bagian warga masyarakat untuk berperan mencerdaskan anak bangsa melalui pendidikan, baik pendidikan formal maupun non formal. 
      Pendidikan non formal yang pernah didirikan adalah lembaga pendidikan kursus Bahasa Inggris ( Intensive English Conversation) di jalan raya Sesetan Denpasar. Setelah berjalan beberapa tahun, banyak hambatan yang merintangi kemajuan lembaga tersebut sehingga tidak bisa dilanjutkan. Kemudian  mengawali berdirinya pendidikan formal tepatnya pada tanggal 24 Februari 2005 berdirilah Play Group dan Taman Kanak-Kanak Harapan Mulia berlokasi  di JL. Gunung Soputan Gg. II merupakan rumah tempat tinggal keluarga pemilik. Setelah berjalan 1 tahun, mampu meluluskan siswa TK B. 
   Pemilik sekolah tanggap akan keresahan para orang tuanya yang bingung menetukan pilihan kelanjutan pendidikan anak-anaknya ke jenjang SD. Dengan keresahan ini menjadi salah satu inpirasi pemilik sekolah untuk membangun gedung baru di lokasi yang berbeda untuk mendirikan Sekolah Dasar yang berlokasi di Jl. Pura Demak No. 19 Denpasar. Landasan pemikiran lainya adalah pemilik sekolah menginginkan di kota ini ada sekolah alternatif yang bernuansa muslim.
Termotivasi oleh firman Allah Subhanahu Wata’ala dalam Surat An-nisa ayat 9 dan Q.S. Mujadalah : 11 “Hendaklah orang-orang takut kepada Allah, seandainya mereka meninggalkan dibelakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap kesejahteraan mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertaqwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar ( Surat An-Nisa - 9 )”, “Niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antara kamu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat.(Q.S. Mujadalah : 11)”.
Membentuk suatu generasi yang paripurna  ( rabbani ), menguasai ilmu pengetahuan umum dan IPTEK dilandasi dengan ilmu agama (Islam) yang kelak mampu menghadapi persaingan dan mampu berkompetisi di berbagai bidang kehidupan yang semakin ketat.

 

 

Visi

 

Visi SD Harapan Mulia terangkum dalam 4 kata penuh dengan makna, yaitu:

  1. Taqwa.
  2. Cerdas.
  3. Terampil.
  4. Santun.

 

Misi

 

Untuk melaksanakan visi tersebut, Sekolah Dasar Harapan Mulia Denpasar mengemban misi:

  1. Pemantapan Pendidikan Agama dan Pendidikan Karakter.
  2. Melaksanakan Pembelajaran Pakemi.
  3. Meningkatkan Sumber Daya  Tenaga Pendidik dan Kependidikan.
  4. Melengkapi Pengadaan Sarana Dan Prasarana Yang Memadai
  5. Mengoptimalkan Pemanfaatan Tehnologi dan Perpustakaan
  6. Menggali, mengembangkan  dan memfasilitasi potensi peserta didik.
  7. Mengajar, mendidik dan membimbing/melatih siswa dengan hati nurani.

 

Tujuan

 

          Membentuk manusia muslim yang cerdas dan memiliki ilmu pengetahuan umum dan tehnologi (IPTEK) yang dilandasi dengan iman dan taqwa kepada Allah SWT (Tuhan Yang Maha Esa), memiliki akhlak mulia, cakap, percaya diri, disiplin, bertanggung jawab, berbudi pekerti luhur,  sehat jasmani dan rohani serta berjiwa sosial yang tinggi, menumbuhkan kecintaan dan kebanggaan terhadap bangsa,negara dan tanah air Indonesia, Meningkatkan kesadaran berbudaya nasional, daerah dan sekolah, meningkatkan prestasi siswa.

 

 

Target

  1. Keseimbangan antara pendidikan ilmu umum dan ilmu agama hususnya Islam.
  2. Untuk mencapai daya serap atau output yang maksimal dalam pembelajaran secara klasikal, maka ruang–ruang kelas didesain khusus untuk menampung maksimal 24 anak peserta didik per kelas. Jika ternyata ada peserta didik yang mengalami kelambanan belajar, maka sekolah selalu berkoordinasi dengan orang tua/wali murid mencarikan solusi yang terbaik.
  3. Peserta didik mampu mengoperasikan berbagai program komputer dan internet.
  4. Peserta didik mampu membaca Al-Qur’an dan menjalankan sholat dengan baik dan benar.
  5. Peserta didik memiliki kemampuan dasar bahasa Inggris dengan baik untuk bekal melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
  6. Peserta didik mampu dan lulus mengikuti Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) dengan nilai rata-rata baik.
  7. Dengan memohon ridho dan pertolongan Allah SWT., agar SD Harapan Mulia menjadi salah satu sekolah nasional plus bernuansa muslim yang terbaik, yang mampu membawa peserta didik ke arah masa depan yang lebih baik dan mampu bersaing dengan sekolah yang berskala nasional maupun internasional di kemudian hari.

 

 Makna Logo

 

 HM

 

  1. Bola Dunia : melambangkan globalisasi. Di era komunikasi dan informasi saat ini globalisasi sudah merupakan keniscayaan. Dalam percaturan global maka ketahanan diri dipertaruhkan. Untuk dapat tetap survive maka keunggulan adalah kuncinya. Manusia-manusia unggullah yang akan memenangkan persaingan global. Harapan Mulia berkeinginan, bercita-cita dan berketetapan untuk melahirkan manusia-manusia unggul.
  2. Tiga garis kuning melingkari dunia : melambangkan tiga kecerdasan yang mengangkat harkat kemanusiaan, yaitu : kecerdasan spiritual, kecerdasan emosional dan kecerdasan intelektual. Jika ketiga kecerdasan ini telah terasah dan semakin “tajam”, maka manusia akan dapat menundukkan dunia dan fungsi manusia sebagai “khalifah fil ardhi” akan berlaku.
  3. Tulisan “HM” : singkatan dari Harapan Mulia.

 

Makna Warna Logo

  1. Putih    : Melambangkan kebersihan dan kesucian hati. Kata kunci yang menjadi landasan gerak Amaliah Harapan Mulia.
  2. Merah  : Melambangkan keberanian. Keberanian yang dilandasi oleh  kebersihan dan kesucian hati.
  3. Biru      : Melambangkan keanggunan (ELEGAN)
  4. Kuning : Melambangkan keagungan

 Catatan :

*) Informasi lengkap tentang profil SD Harapan Mulia dapat di download melalui link berikut.

 

 

 

 

 

thumb alislam

 

PROGRAM AL ISLAM

 

Agama memiliki peran yang amat penting dalam kehidupan umat manusia. Agama menjadi pemandu dalam upaya mewujudkan suatu kehidupan

 

BACA SELENGKAPNYA

thumb english

 

PROGRAM BAHASA INGGRIS

 

Membekali siswa dengan Bahasa Inggris sehingga selalu siap dan mampu dalam menghadapi persaingan global yang semakin ketat di era globalisasi.

 

BACA SELENGKAPNYA

thumb computer

 

PROGRAM KOMPUTER

 

Pendidikan Komputer juga merupakan prioritas utama di Sekolah Harapan Mulia. Pendidikan komputer diarahkan agar peserta didik tidak menjadi “Gaptek”.

 

BACA SELENGKAPNYA

thumb extrakulikuler

 

PROGRAM EXTRA KULIKULER

 

Program ini bertujuan untuk mengembangkan potensi anak-anak sejak dini. Bagi siswa SD Harapan Mulia kami memberikan pilihan ekstra kurikuler, antara lain: 

 

BACA SELENGKAPNYA

TEMUKAN KAMI

Jl. Pura Demak No. 19 Denpasar

( Teuku Umar Barat / Malrboro )

Telepon : 0361 481901

Email SD : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Email Yayasan : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Website : www.harapanmulia.sch.id

 

icon facebook icon twitter icon googleplus icon youtube

hashAddressBar: false});