PROGRAM SD

Sekolah Islam ( Muslim ) di Bali
Taqwa - Cerdas - Terampil - Santun

SELAMAT DATANG DI SD HARAPAN MULIA

 

Selamat datang di website Sekolah Dasar Harapan Mulia Denpasar-Bali. Pada tahun pelajaran 2017/2018 yang akan datang, SD Harapan Mulia Denpasar memasuki tahun ke 12 atau umur 12 tahun. Sekolah kami merupakan  sebuah sekolah swasta yang terletak di tengah kota Denpasar yang mudah dijangkau dari berbagai arah. Ijin operasional SD Harapan Mulia : 421.201/101/DIKBUD diterbitkan pada tanggal 04 September 2006, NIS : 103580, NSS : 102220903071, NPSN : 50103325, AKREDITASI: A+ Read more

PROGRAM PLUS : AL ISLAM

 

Program Team Al Qur'an Sekolah Harapan Mulia

 

Agama memiliki peran yang amat penting dalam kehidupan umat manusia. Agama menjadi pemandu dalam upaya mewujudkan suatu kehidupan yang bermakna, damai dan bermartabat. Menyadari betapa pentingnya peran agama bagi kehidupan umat manusia maka internalisasi nilai-nilai agama dalam kehidupan setiap pribadi menjadi sebuah keniscayaan, yang ditempuh melalui pendidikan baik pendidikan di lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat.

 

Pendidikan Agama dimaksudkan untuk peningkatan potensi spiritual dan membentuk peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, dan moral sebagai perwujudan dari pendidikan Agama. Peningkatan potensi spritual mencakup pengenalan, pemahaman, dan penanaman nilai-nilai keagamaan, serta pengamalan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan individual ataupun kolektif kemasyarakatan. Peningkatan potensi spritual tersebut pada akhirnya bertujuan pada optimalisasi berbagai potensi yang dimiliki manusia yang aktualisasinya mencerminkan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan.

Pendidikan Agama Islam diberikan dengan mengikuti tuntunan bahwa agama diajarkan kepada manusia dengan visi untuk mewujudkan manusia yang bertakwa kepada Allah SWT dan berakhlak mulia, serta bertujuan untuk menghasilkan manusia yang jujur, adil, berbudi pekerti, etis, saling menghargai, disiplin, harmonis dan produktif, baik personal maupun sosial.

Pendidikan Agama Islam menekankan keseimbangan, keselarasan, dan keserasian antara hubungan manusia dengan Allah SWT, hubungan manusia dengan sesama manusia, hubungan manusia dengan diri sendiri, dan hubungan manusia dengan alam sekitarnya.

Pendidikan Agama Islam diharapkan menghasilkan manusia yang selalu berupaya menyempurnakan iman, takwa, dan akhlak, serta aktif membangun peradaban dan keharmonisan kehidupan, khususnya dalam memajukan peradaban bangsa yang bermartabat. Manusia seperti itu diharapkan tangguh dalam menghadapi tantangan, hambatan, dan perubahan yang muncul dalam pergaulan masyarakat baik dalam lingkup lokal, nasional, regional maupun global.

Pendidikan Al-Islam, ditekankan pada pelaksanaan ibadah berdasarkan tuntunan Rasulullah Nabi Muhammad SAW. dengan merujuk Kitab Al-Qur'an dan Hadits-Hadits yang sahih. Sehingga peserta didik dapat mengamalkan ajaran Islam secara baik dan benar. Ruang lingkup Pendidikan Agama Islam meliputi aspek-aspek sebagai berikut: Tauhid, Aqidah, Akhlak, Fiqih, Al-Qur'an dan Hadits.

Tarikh dan Kebudayaan Islam disampaikan secara komprehensif. Dengan demikian peserta didik diharapkan dapat memahami konsep Islam sebagai Rahmatan Lil Alamin. Dan Shalat yang merupakan tiang agama, akan dijadikan praktek sehari-hari peserta didik. Sehingga kelaknya peserta didik akan memandang bahwa shalat tidak lagi dipandang sebagai kewajiban melainkan sebagai kebutuhan.

Pendidkan Al Islam dan Al Qur'an di Sekolah Harapan Mulia Selalu mepertahankan yang sudah baik bahkan akan ditingkatkan dengan ide-ide, inovasi dan metodologi baru yang lebih baik dalam rangka menjawab visi sekolah. Pembelajaran dan pembinaan Al Islam selain memahami teori, dengan cara beribadah praktik langsung, yaitu dengan mendidik siswa aktif sholat berjamaah Dhuhur ke mushola sekolah, Jum'at di masjid untuk laki-laki kelas 4-6, di mushola sekolah untuk kelas 1-3, di masjid maupun mushola mendapatkan pengawasan dan pembinaan langsung di tempat oleh pengawas dan dewan guru.

Melatih siswa membaca Al-Qur'an dengan metode Telawatil agar Makhroj (tempat keluar) huruf Hija'iyah (Arab), Shifat (keadaan dan cara baca) huruf Hija'iyah (Arab),Ada' (ketepatan panjang pendek suatu huruf pada setiap kalimat) sesuai dengan standar. Sehingga dengan 3 cara pembinaan tersebut diharapkan siswa dalam waktu tidak lama dapat membaca Al Qur'an dengan lancar, baik dan benar. Serta terhindar dari 3 macam kesalahan yang sangat fatal, lebih-lebih jika kesalahan dilakukan dalam sholat yang dapat membatalkan sholat seperti contoh berikut:

  1. Lahn (kesalahan Harrakat, Dhommah dibaca kasroh dll.)
  2. Tashhief (salah ucap huruf, Tsa' dibaca siin, shod dibaca syien/siin dll.)
  3. Lubs (bacaan yang kacau/kabur, yaitu bacaan yang tidak betajwid, sehingga tidak bisa dibedakan sama sekali, seperti bacaan yang cepat yang biasa dilakukan oleh orang-orang awam.

Tujuan Umum:

  1. Menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT.
  2. Mewujudkan manusia Indonesia yang taat beragama dan berakhlak mulia yaitu manusia yang berpengetahuan, rajin beribadah, cerdas, produktif, jujur, adil, etis, berdisiplin, bertoleransi (tasamuh), menjaga keharmonisan secara personal dan sosial serta mengembangkan budaya agama dalam komunitas sekolah.

Tujuan Khusus :

  1. Memiliki pengetahuan hukum-hukum Islam (fiqih) dan dapat mengamalkanya dalam kehidupan sehari-hari, memiliki aqidah dan akhlaq yang baik, memiliki wawasan dan pengetahuan sejarah lebudayaan Islam.
  2. Mampu membaca Al-Qur'an dengan tartil sesuai dengan kaidah-kaidah hukum bacaannya

Materi Pokok Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti :

  1. Aqidah
  2. Akhlaq
  3. Fiqih
  4. Sejarah kebudayaan Islam
  5. Hafalan doa-doa
  6. Praktek wudlu/tayamum

Materi Pembelajaran Al-Qur'an :

  1. Membaca
  2. Menghafal surat-surat pendek
  3. Teori (Tajwid)
  4. Pengenalan bentuk-bentuk huruf
  5. Tempat keluarnya huruf
  6. Menulis huruf, kata, kalimat maupun surat-surat pendek

Bahasa Arab

  1. Mendengar
  2. Berbicara
  3. Menulis
  4. Tata bahasa
  5. Kosa kata
  6. Apresiasi sastra
  7. Hafalan surat-surat pendek

Tambahan Program Keunggulan Keislaman :

  1. Pembelajaran sholat sunah Tahajud, Dhuha, Rawatib, Tarawih, Idul Fitri
  2. Sholat Dzuhur berjamaah
  3. Sholat Jum'at di masjid bagi siswa laki-laki kelas 4-6, di mushola sekolah untuk siswa kelas 1-3 dan siswa perempuan kelas 4-6.
  4. Zikir dan Do'a
  5. Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
  6. Kultum/pesan moral setiap hari Jum'at
  7. Perayaan hari-hari raya besar Islam
  8. Pemotongan dan penyaluran hewan qurban Idul Adha
  9. Pesantren Romadhon dan buka puasa bersama
  10. Penggalian infaq harian
  11. Bakti sosial/santunan kaum duafa
  12. Halal-Bihalal
  13. Pelatihan manasik
  14. Istighosah

TEMUKAN KAMI

Jl. Pura Demak No. 19 Denpasar

( Teuku Umar Barat / Malrboro )

Telepon : 0361 481901

Email SD : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Email Yayasan : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Website : www.harapanmulia.sch.id

 

icon facebook icon twitter icon googleplus icon youtube

hashAddressBar: false});